Tumbuhan Langka di Indonesia

Halo semuanya ^0^
Kali ini aku akan posting lagi tentang pelajaran... ^^ yaitu IPA :D
Nah, aku akan membahas tentang Beberapa Tumbuhan Flora Langka di Indonesia ^^
Langsung saja yaaa~~!!


1. Jelutung

Jelutung atau Jelutong (Dyera costulata, Syn. D. Laxiflora) adalah Spesies pohon dari Subfamilia Oleander. Pohon ini dapat tumbuh hingga 60 meter dengan diameter sebesar 2 meter. Pohon ini tumbuh di semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatra dan bagian selatan Thailand.


2. Tembesu

Tembesu (Fagraea Fragrans) termasuk kedalam Famili Loganiaceae. Daerah penyebarannya adalah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Maluku, dan Irian Jaya. Tempat tumbuh Pohon ini adalah pada tanah datar dan sarang atau tempat yang tidak becek, bisa juga tanah liat berpasir, dengan Type curah hujan A sampai B pada ketinggian 0–500 dpl.
Tinggi pohon Tembesu mencapai 40 Meter, dengan panjang batang bebas cabang sampai 25 Meter, Diameter 80 Cm atau lebih, dengan batang tegak dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna Coklat sampai Hitam, beralur dangkal dan agak sedikit mengelupas. Kayunya keras berwarna Kuning Emas Tua atau Coklat Jingga, dan termasuk ke dalam kelas Awet satu.





 3. Mimba

Mimba (Azadirachta Indica). Tanaman Langka ini mempunyai nama lain yaitu Mimbo atau Mimba. Tanaman langka ini merupakan pohon yang tinggi (Arbor) batangnya dapat mencapai 20 Meter bahkan lebih. Kulit batangnya tebal, batang agak kasar, daun menyirip genap, dan berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing, Sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1 cm. Buah Mimba dihasilkan dalam satu sampai dua kali setahun, berbentuk oval, bila masak Daging Buahnya berwarna kuning, biji ditutupi kulit keras berwarna Coklat dan didalamnya melekat kulit buah berwarna Putih. Tanaman ini bisa digunakan sebagai Pestisida Nabati. Karena daun Mimba mengandung senyawa-senyawa yang dapat mengendalikan hama tanaman, diantaranya adalah Sitosterol, Hyperoside, Nimbolide, Quercetin, Quercitrin, Rutin, Azadirachtin, dan Nimbine.




4. Enau

Enau (Arenga Pinnata). Enau atau Aren (Arenga Pinnata, suku Arecaceae) adalah Palma yang terpenting setelah kelapa (Nyiur) karena merupakan tanaman serba guna. Palma yang besar dan tinggi, dapat mencapai 25 Meter. Berdiameter hingga 65 Cm, batang pokoknya kukuh dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai Ijuk, Injuk, Juk atau Duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang. Pohon Enau menghasilkan banyak hal, yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna, terutama sebagai penghasil Gula.




5. Damar

Damar, Kopal Keruling (Agathis Labillardieri). Tanaman langka ini berasal dari Papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 Meter dan dimeternya 2 m.



6. Cendana

Cendana (Santalum Album). Cendana atau Cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu Cendana dan Minyak Cendana. Kayunya digunakan sebagai Rempah-Rempah, Bahan Dupa, Aroma terapi, campuran Parfum, serta Sangkur Keris (Warangka). Cendana adalah tumbuhan Parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon Inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena Prasyarat inilah Cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal.


 

7. Balam Suntai

Balam Suntai (Palaquium Walsurifolium), Balam Suntai adalah salah satu jenis Tanaman langka asli Indonesia. Tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik. kelas keawetan tanaman langka ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. maka tidaklah heran kalau tanaman langka ini banyak dicari orang.


8. Anggrek hitam

Anggrek hitam (Coelogyne Pandurata), sebagaimana namanya, mempunyai ciri khas pada bunganya yang memiliki lidah (Labellum) berwarna Hitam. Anggrek langka ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai “Black Orchid”. Sedangkan di Kalimantan Timur, Anggrek Hitam yang langka ini mempunyai nama lokal “Kersik Luai”.





9. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu atau Grammatophyllum speciosum merupakan anggrek terbesar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. Dalam satu rumpun dewasa, anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya Jenis Tanaman  Langka ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar dan terberat atau anggrek raksasa.




10. Tengkawang

Tengkawang atau Shorea Spp adalah nama buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon Tengkawang hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatera. Dalam bahasa Inggris, Jenis Tanaman  Langka langka ini dikenal sebagai Illepe Nut atauBorneo Tallow Nut. Pohon yang terdiri atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot (flora identitas) provinsi Kalimantan Barat.

-SELESAI-
Terimakasih sudah membaca artikel ini ^^
Enjoy Bloooooo...... Study :v

1 komentar: